SILABUS Kelas VIII

Sekolah                                   :  SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester                     :  VIII / 1 (Satu)
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi              :              
3. Mengapresiasi karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Mengidentifikasi  jenis lagu Nusantara








3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu Nusantara



Musik nusantara












Karya musik nusantara

  • Mendengarkan jenis lagu etnik nusantara
  • Mendiskusikan ciri khas lagu etnik dari beberapa daerah di nusantara
  • Bertanya jawab tentang lagu yang didengar berdasarkan elemen musiknya
  • Mengungkapkan keunikan atau keindahan dan pesan dari lagu yang didengar
  • Menuliskan tanggapan pribadi tentang lagu yang didengar


·         Menentukan jenis lagu yang diperdengarkan
·         Menidentifikasi crri-ciri lagu etnik dari beberapa daerah di nusantara




·         Mengidentifikasi lagu etnik yang didengar berdasarkan fungsi sosialnya
·         Menuliskan/ mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu  yang didengar

Tes tulis

Uraian

·   sebutkan 5 judul lagu nusantara
·   sebutkan perbedaan ciri-ciri dari ragam musik nusantara  :
a. Musik anak-anak
b. Musik Perjuangan
c. Musik Dangdut
·   Berilah contoh lagu-lagu nusantara yang berfungsi sebagai :
a. Media pendidikan
b. Media hiburan
c. Media apresiasi
d. Pengiring tari
e. Sarana Ekonomi
·   Tuliskan pendapatmu mengenai makna lagu di nusantara

4 jam















4 jam

Lagu-lagu nusantara

Tape rekorder

Buku teks


Sekolah                                   :  SMP 3 Purwantoro
Kelas/ Semester                     :  VIII / 1 (Satu)
Mata Pelajaran                      :  SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi             :    
  4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

4.1 Mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel





4.2  Menampilkan hasil aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel



Lagu-lagu etnik nusantara












Karya musik nusantara
  • Menuliskan pola irama, nada, dinamika lagu etnik nusantara
  • Menuliskan jenis-jenis pola irama, untuk mengiringi lagu etnik nusantara
  • Menggabungkan elemen-elemen musik melalui alat musik
·   Mengaransir lagu etnik nusantara secara sederhana
·   Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dengan menggunakan alat musik



·   Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah di aransir dalam versi alat musik
Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dalam versi vokal

Unjuk kerja

Uji petik

  • Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
  • Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik


6 jam













6 jam

Lagu-lagu nusantara
Tape rekorder
Buku teks



Sekolah                                   :  SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester                     :  VIII / 2 (Dua)
Mata Pelajaran                      :  SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi              :    
  11. mengapresiasi karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

11.1 mengidentifikasi jenis karya senimusik tradisional nusantara





11.2. menampilkan sikap apresiatif trhadap keunikan seni musik tradisional nusantara


Musik nusantara












Karya musik nusantara
  • Mendengarkan berbagai musik nusantara
  • Mengambil aneka ragam ciri-ciri  elemen serta jenis alat musik yang didengarkan
  • Mengamati jenis alat musik sesuai dengan sumber bunyinya
  • Mengamati pola irama dari lagu yang diperdengarkan
  • Menjelaskan keunikan dan fungsi social musik etnik nusantara
·         Mengidentifikasi beragam karya musik nusantara sesuai dengan instrumentmusik yang digunakan
·         Mengidentifikasi elemen-elemen musik: irama tempo nada dan dinamika musik nusantara yang didengarkan
·         Mengungkapkan rasa / kesan dalam bentuk tulisan terhadap lagu yang di perdengarkan dari instrumen yang dipergunakan
Mengungkapkan kesan dalam tulisan terhadap isi syair lagu

Tes

Tes uraian

  • sebutkan 4 jenis musik nusantara
  • sebutkan sumber bunyi dari alat musik yang diperdengarkan
  • bagaimana pendapatmu mengenai perkembangan fungsi sosial musik etnik nusantara


2 jam













2 jam

Lagu-lagu nusantara
Tape rekorder
Buku teks




Sekolah                                   :  SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester                     :  VIII / 2 (Dua)
Mata Pelajaran                      :  SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi             :              
  12. mengekspresikan diri melalui karya seni musik 


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1. mengaransir secara sederhana lagu tradisional nusantara


12.2. menyiapkan seni musik tradisional nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.




12.3 menyajikan karya seni musik tradision  nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.



Musik nusantara













  • Menuliskan paduan elemen-elemen musik yang akan digunakan untuk mengiringi laguetnik nusantara
  • Menuliskan secara lengkap elemen dan alat musik yang sudah di aransir
  • Mempersiapkan hasil aransemen, alat musik dan pendukung pentas secara lengkap







  • Menyajikan karya serta berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secara perorangan dan kelompok.

  • Mengaransir secara sederhana lagu etnik nusantara
  • Menyusun pola irama ,melodi berdasarkan musik nusantara
  • Membuat perencanaan pementasan didalam kelas dengan menyanyikan lagu etnik nusantara
  • Berlatih memainkan lagu nusantara dengan alat musik melodis secara individu maupun kelompok


  • Memainkan satu lagu nusantara dengan alat musik melodis secara individu
  • Memainkan satu lagu nusantara dengan alat musik melodis dalam ansambel musik



Tes unjuk kerja




















Tes unjuk kerja


Uji petik kerja prosedur




















Uji petik kerja prosedur



  • lengkapi hasli aransemen dalam bentuk tertulis berdasarkan masukan-masukan dari kelas
  • susunlah pola irama, melodi musik nusantara
  • latihkan hasil aransemen yang telah disempurnakan
  • mainkan lagu nusantara dengan alat musik guitar






  • pentaskan hasil aransemen secara utuh 
  • pentaskan hasil aransemen secara utuh 











6 jam





2 jam















4 jam

Lagu-lagu nusantara
Tape rekorder
Buku teks

























12.1. mengaransir secara sederhana lagu tradisional nusantara


12.2. menyiapkan seni musik tradisional nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.




12.3 menyajikan karya seni musik tradision  nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.



Musik nusantara













  • Menuliskan paduan elemen-elemen musik yang akan digunakan untuk mengiringi laguetnik nusantara
  • Menuliskan secara lengkap elemen dan alat musik yang sudah di aransir
  • Mempersiapkan hasil aransemen, alat musik dan pendukung pentas secara lengkap







  • Menyajikan karya serta berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secara perorangan dan kelompok.

  • Mengaransir secara sederhana lagu etnik nusantara
  • Menyusun pola irama ,melodi berdasarkan musik nusantara
  • Membuat perencanaan pementasan didalam kelas dengan menyanyikan lagu etnik nusantara
  • Berlatih memainkan lagu nusantara dengan alat musik melodis secara individu maupun kelompok


  • Memainkan satu lagu nusantara dengan alat musik melodis secara individu
  • Memainkan satu lagu nusantara dengan alat musik melodis dalam ansambel musik



Tes unjuk kerja




















Tes unjuk kerja


Uji petik kerja prosedur




















Uji petik kerja prosedur



  • lengkapi hasli aransemen dalam bentuk tertulis berdasarkan masukan-masukan dari kelas
  • susunlah pola irama, melodi musik nusantara
  • latihkan hasil aransemen yang telah disempurnakan
  • mainkan lagu nusantara dengan alat musik guitar






  • pentaskan hasil aransemen secara utuh 
  • pentaskan hasil aransemen secara utuh 











6 jam





2 jam















4 jam

Lagu-lagu nusantara
Tape rekorder
Buku teks