R P P Kelas VIII

                           KELAS  VIII  SEMESTER  GENAP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                     : SMP  Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran                        : Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester                     :  VIII (Delapan) / II
Alokasi Waktu                         : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)
Standar kompetensi
:
11. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar
:
11.1 Mengidentifikasi ragam jenis musik etnik nusantara. 

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
§  Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
§  Menyebutkan elemen lagu seperti, irama, nada, tempo dan dinamika lagu.
§  Menyebutkan instrumen musik yang dipergunakan dalam lagu yang diperdengarkan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
Musik Keroncong dan musik Langgam

C.     Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life skill

D.     Langkah – langkah pembelajaran

a.   Kegiatan Pendahuluan : Apresiasi  dan  Motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.   Kegiatan Inti :

§ Eksplorasi :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
F  Mendengarkan lagu-lagu keroncong melalui CD/VCD/kaset/guru.
F  Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi :
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;




F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
F  Mendiskusikan tentang elemen musik seperti irama, tempo, nada, serta dinamika.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi :
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.     Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya” (Seni Musik)
Lagu model : berjudul Bengawan Solo dan Permata Hati
VCD, CD, kaset, keyboard dan  guru.

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü      Mampu menyebutkan beragam karya musik Nusantara sesuai dengan intrumen musik yang digunakan.

Ü      Mengidentifikasi jenis alat musik nusantara

Ü      Mendiskripsikan sumber bunyi dari jenis alat musik
Menyanyikan 1 lagu nusantara.
Tes
Tertulis
Tes Uraian
Ü      Sebutkan :
a), nama alt musik,
b)daerah asal,
c)sumber bunyi,
d) cara memainkan dari alat musik yang ditampilkan

Ü      Sebutkan 5 jenis alat musik alat musik berdasarkan sumber bunyinya

Ü       





         Nyanyikan salah satu lagu      nusantara !


Ü      Sebutkan judul lagu keroncong karya Gesang yang terkenal sampai ke negeri Jepang!

Ü      Sebutkan alat musik yang digunakan dalam lagu yang diperdengarkan!

Ü      Sebutkan ciri-ciri dari musik langgam !

Ü       Instrumen apa saja yang dgunakan dalam musik keroncong ?
Ü      Bagaimanakah pembawaan vokal dalam musik keroncong ?

Format penilaian

NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1
2
2
2
2
2
3
2
2
4
2
2
5
2
2
10
10

Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.


Mengetahui,
Kepala SMPN 3 Purwantoro



  MISDYANTO, SE, SP.d
  NIP  19630508 198501 1003
Purwantoro,        Jan  2012 
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009



                    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                                 : SMP  Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran                                : Seni Budaya  (Seni Musik)
Kelas/Semester                              : VIII (Delapan) / II (dua)
Alokasi Waktu                                : 2 x 40 menit
Standar kompetensi
:   
11   Mengekspresikan karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
      11.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu etnik nusantara. 

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.  Materi Ajar
a. Musik Keroncong
b. Lagu “Rangkaian Melati”.

C.  Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTl dan Lifeskill

D.  Langkah-langkah Pembelajaran

a.       Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Tanya jawab tentang berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
F  Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membentuk kelompok diskusi.
F  Guru memperdengarkan lagu “Rangkaian Melati” melalui VCD.
F  Dengan kelompoknya siswa memberikan tanggapan pada lagu yang diperdengarkan dari instrumen yang dipergunakan dan isi syair lagu.


F  Masing-masing kelompok memberikan tanggapan secara lisan dan tertulis
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

V.     Alat/Sumber Belajar
Buku “ Seni Budaya” (Seni Musik).
VCD, cassete, keyboard, Guru
Lagu “Rangkaian Melati”. 

VI.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran 
   
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü       Mampu mengungkapkan rasa/kesan dalam bentuk lisan dan tulisan terhadap seniman/penulis lagu berdasarkan karya musik yang diperdengarkan.

Ü      Mengidentifikasi keunikan dari fungsi sosial musik etnik Nusantara.
Tes
Tertulis
Tes Uraian
Ü      Tuliskanlah secara singkat tentang 5 seniman daerah nusantara.

Ü      Bagaimana pendapatmu tentang fungsi sosial musik daerah Nusantara.
Siapakah pencipta lagu “Rangkaian Melati”?
Bagaiman pendapatmu tentang keberadaan lagu-lagu keroncog pada masa sekarang ?

Ü     Bagaimana pendapatmu tentang   teknik permainan biola dalam mengiringi lagu “Rangkaian  Melati” yang kalian dengar?

Ü     

             Apakah judul lagu sudah sesuai dengan syair yang dinyanyikan ?

Ü      Bagaimana kesan kalian          terhadap isi/pesan yang disampaikan dalam lagu tersebut?






Format penilaian

NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1
10
10
2
20
20
3
20
20
4
10
10
5
40
40
100
100
Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot soal sama dengan nilai  tertinggi 






Mengetahui,
Kepala SMPN 3 Purwantoro



  MISDYANTO, SE, SP.d
  NIP  19630508 198501 1003
Purwantoro,        Jan  2012 
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009














Sekolah                                      :  SMP  Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran                      :  Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester                   : VIII (Delapan) /  II
Alokasi Waktu                      :  4 x 40 menit  ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
  :
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
     12.1 Mengaransir secara sederhana lagu etnik nusantara. 

A.  Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
F  Menyanyikan lagu “ INANI KEKE” dari daerah Maluku secara kelompok.
F  Memberikan rangkaian gerak akor yang sesuai dengan lagu “INANI KEKE”.
F  Membuat variasi pola irama/ pengiring dalam lagu “ INANI KEKE” .
F  Membuat variasi nada-nada melodi pada lagu “ INANI KEKE”.
F  Mengaransir secara sederhana lagu daerah yang didengar.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.  Materi Ajar
a. Berkreasi Musik Nusantara.

C.  Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life skill.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a.  Kegiatan Pendahuluan  : Apresiasi  dan Motivasi.
Tanya jawab sambil menjelaskan pokok materi yang akan dibahas.

b.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyanyikan lagu “INANI KEKE”bersama-sama.
F  Mengaplikasikan unsur-unsur musik ke dalam lagu “INANI KEKE” , seperti memberikan rangkaian gerak akor yang sesuai, membuat variasi pola irama/pengiring, dan memainkan variasi nada-nada melodi..
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berdiskusi kelompok untuk membuat aransir sederhana terhadap lagu“ INANI KEKE”.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,



F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menanyakan kepada siswa bagaimana tanggapan dan perasaannya bisa menyusun / membuat karya arransemen  sendiri.
F  Membuat kesimpulan  hasil lagu yang telah diaransir.

E.     Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya” (Seni Musik) .
Lagu Model INANI KEKE
Gitar, piano, organ

F.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü      Mampu mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara
Ü      Mampu menyusun seni pergelaran kelas
Ü      Mengaransir lagu tradisional  Nusantara lengkap dengan elemen dan alat yang digunakan.
Tes praktik/
kinerja
Tes Uji Petik kinerja
Ü      Buatlah sebuah aransemen musik/lagu  untuk ditampilkan di kelas atau sekolah
Ü      Aransirlah lagu tradisional Nusantara dengan elemen dan alat musik yang digunakan
Ü      Nyanyikan lagu “INANI KEKE” bersama-sama dalam kelompokmu !
Ü      Buatlah rangkaian gerak akor yang sesuai untuk lagu “INANI KEKE” !
Ü      Tuliskan variasi pola irama/pengiring yang dapat disesuaikan dalam lagu“INANI KEKE” !
Ü      Buatlah variasi nada-nada melodi untuk lagu “INANI KEKE” !
Ü      Tuliskan hasil aransmen lagu tersebut dalam bentuk siap tampil  !


Format Penilaian

No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Kekompakan kelompok
2
Kreativitas
3
Harmonisasi
4
Ketepatan irama
5
Aransmen lagu
Jumlah

Keterangan ceklis pada angka  :
1 = sangat kurang                                                                
2 = kurang                                                     
3 = cukup  
4 = baik
5 = sangat baik     


                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



MISDYANTO, SE, SP.d
NIP 19630508 198501 1 003
Purwantoro,       Januari  2012   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                      : SMP  Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran                         : Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester                      : VIII (Delapan) / II
Alokasi Waktu                         : 4 x 40 menit  ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
:
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi dasar
:
  12.2 Menyajikan karya seni musik etnik Nusantara untuk disajikan secara perorangan dan kelompok di kelas atau sekolah.

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1.      Membentuk susunan panitia pagelaran.
2.      Menyanyikan lagu etnik nusantara sesuai pilihan kelompok
3.      Berlatih memainkan lagu nusantara dengan alat musik melodis secara kelompok.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.  Materi Pembelajaran
a. Kreasi Musik Nusantara
b. Pergelaran Kelas

C.  Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill.

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a.  Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membuat perencanaan pagelaran
F  Menyanyikan lagu etnik nusantara sesuai pilihan dalam kelompoknya
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berlatih secara kelompok lagu pilihan dengan alat musik melodis
F  Menuliskan hasil aransmen sederhana lagu pilihan dalam kelompok
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,


F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
F  Menugaskan untuk berlatih memainkan hasil aransmen secara kelompok.

E. Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya” (Seni Musik) .
Cassette/DVCD/guru
Rekorder sopran, pianika, gitar akustik

F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü      Mampu membuat perencanaan pementasan di dalam kelas dengan uraian tugas yang tepat
Ü     Memainkan hasil aransemen.
Tes praktik/
kinerja
Tes Uji Petik kinerja
Ü     Buatlah perencanaan pementasan seni di sekolah.

Ü      Mainkanlah hasil aransemen yang telah kalian buat

Ü     Bentuklah susunan panitia pagelaran!

Ü     Nyanyikanlah lagu nusantara pilihan bersam dalam kelompok kalian !

Ü      Buatlah aransmen sederhana untuk lagu pilihan tersebut !

Ü      Berlatihlah memainkan melodi lagu tersebut dengan menggunakan alat musik melodis.

Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Kepanitiaan
2
Kekompakan kelompok
3
Kreativitas aransmen
4
Kedisiplinan dalam berlatih
Jumlah



Keterangan ceklis pada angka  :
1 = sangat kurang                                          
2 = kurang                              
3 = cukup  
4 = baik
5 = sangat baik     


               Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



MISDYANTO, SE, SP.d
NIP  19630508 198501 1 003
Purwantoro,     Januari  2012   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1009



                        
                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                       : SMP Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran                          : Seni Budaya / Seni Musik
Kelas / Semester                        : VIII (Delapan) / II
Alokasi Waktu                           : 4 x 40 menit  ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
  :
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi dasar
:
  12.3 Menyajikan karya seni musik etnik nusantara secara perorangan dan kelompok di kelas atau sekolah.

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Membentuk susunan panitia pagelaran.
b. Memainkan lagu “INANI KEKE“ dengan alat musik melodis secara individu
c. Memainkan lagu “INANI KEKE“ dengan alat musik melodis dalam ansambel musik

v  Karakter siswa yang diharapkan :          
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.  Materi Pembelajaran
a. Kreasi Musik Nusantara
b. Pergelaran Kelas

C.  Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill.

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a.                                                             a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.                                                            b. Kegiatan Inti      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengadakan persiapan pelaksanaan pergelaran
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Penampilan lgu “INANI KEKE” dengan alat musik melodis secara individu
F  Penampilan hasil aransmen lagu “INANI KEKE” dengan alat musik melodis dalam musik ansambel.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,



F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menanyakan kesulitan siswa selama pergelaran
F  Mengadakan penilaian terhadap keberhasilan pergelaran

E.  Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya” (Seni Musik) .
Cassette/DVCD/guru
Rekorder sopran, pianika, gitar akustik

F.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü       Mampu menyajikan karya musik  secara perorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.
Tes praktik/
kinerja
Tes Uji Petik kinerja
Ü       Tampilkan hasil karya musik  secara utuh baik perorangan maupun berkelompok di kelas/atau sekolah.

Ü      Mainkan melodi lagu “ INANI KEKE’ dengan menggunakan alat musik melodis secara individu !

Ü      Pergelarkan hasil aransmen lagu “INANI KEKE” dengan menggunakan alat musik melodis dalam musik ansambel !
      





Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Teknik bermain
2
Penampilan
3
Kreativitas aransmen
4
Ketepatan irama
5
Ketepatan nada
6
Kekompakan kelompok
Jumlah



Keterangan ceklis pada angka  :
1 = sangat kurang                                       
2 = kurang                                          
3 = cukup 
4 = baik
5 = sangat baik      



           Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



MISDYANTO, SE, SP.d
NIP  19630508 198501 1 003
Purwantoro,     Januari  2012
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009
                








KELAS  VIII  SEMESTER  GANJIL



                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                : SMP  Negeri 3 Purwantoro
Kelas                                   : VIII
Mata Pelajaran                   : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                              : 1 (satu / Gasal )
Alokasi Waktu                    : 6 x 40 menit ( 3x pertemuan )

Standar kompetensi
:
3.    Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
3.1. Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.      Menentukan ragam musik nusantara dari lagu yang diperdengarkan.
2.      Membedakan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo, nada, dinamika lagulagu dari beragam musik nusantara.
3.      Mendeskripsikan makna lagu Nusantara yang diperdengarkan.
4.      Menyajikan lagu etnik daerah Nusantara. ( lagu “ si Patokaan“)

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     MATERI AJAR
1.      Musik Nusantara.
2.      Lagu-lagu Daerah Nusantara.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.

D.     LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama,kedua dan ketiga :
a.       Kegiatan Pendahuluan
F  Motivasi dan apersepsi.
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Menjelaskan makna lagu jenis musik nusantara.  
F  Mendengarkan lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Bertanya jawab tentang ragam musik nusantara.
F  Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik nusantara.
F  Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/ SUMBER BELAJAR
Buku “Seni Budaya
Lagu dareah “Lir - ilir”
VCD/CD/kaset, Guru.

F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mmenyebutkan jenis lagu daerah Nusantara / lagu wajib Nasional
Ü  Mengidentifikasi ciri dari lagu Nusantara beserta tokohnya
Ü  Mendiskripsikan fungsi sosial lagu daerah Nusantara

Tes
Lisan


Tes Tertulis


Daftar pertanyaan


Tes Uraian
Ü  Sebutkan 3 jenis lagu daerah Nusantara / wajib Nasional
Ü  Jelaskan ciri-ciri lagu nusantara
Ü  Sebutkan nama tokoh musik nusantara
Ü  Jelaskan  fungsi sosial musik pada lagu daerah Nusantara
Ü  Berilah 2 contoh lagu nusantara yang termasuk dalam ragam musik perjuangan !
Ü  Sebutkan alat musik yang kamu perhatikan pada CD yang digunakan mengiringi dalam lagu  “Si Patokaan“
Ü  Berasal dari daerah mana lagu “ Si Patokaan“
Ü  Ceritakan makna lagu “ Si Patokaan“ yang kamu dengarkan
Ü  Sebutkan 3 judul lagu daerah dari Sumatera Barat !

FORMAT PENILAIAN

NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1
2
2
2
2
2
1
2
2
1
3
2
2
2
2
4
2
2
2
2
5
1
2
2
1

8
10
10
8

Keterangan : Nilai tiap soal   = a/b x c
                     Skor butir soal = 8/10x100% = 8
                      Jadi nilai siswa dalam indikator ini adalah 8


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009




                                   RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


Sekolah
:
SMP  Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran
:
Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas / Semester
:
VIII / 1 (satu)
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
3.    Mengapresiasikan  karya seni Musik.
Kompetensi dasar
:
3.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu Nusantara. 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada khir pembelajaran siswa dapat:
§  Menyebutkan judul lagu etnik nusantara yang diperdengarkan.
§  Menyebutkan elemen- elemen musik : irama, tempo, nada, dinamika dan dari lagu etnik nusantara yang diperdengarkan.
§  Menyebutkan keunikan-keunikan lagu etnik nusantara yang diperdengarkan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     MATERI AJAR
a. Musik Nusantara
b. Lagu – lagu Nusantara

C.     METODE
Model Pendekatan Ctl dan Lifeskill

D.     LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
a.       Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apersepsi.
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan. 

b.       Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Mendengarkan Lagu etnik nusantara melalui Kaset/ VCD .
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Bertanya jawab tentang ragam musik nusantara.
F  Mendiskusikan tentan elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
F  Memberikan tanggapan pribadi tentang keunikan lagu etnik nusantara yang diperdengarkan. 
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.     Alat / SUMBER BELAJAR
Buku „Seni Budaya .
Kaset /VCD / Tape Rekorder.

F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menuliskan/mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu  yang didengar

Tes Tertulis


Tes Uraian
Ü  Sebutkan keunikan dari lagu Nusantara yang kamu dengar
Ü  Sebutkan 2 Judul lagu daerah Sulawesi !
Ü  Dari lagu yang kamu dengar tadi :
a.       Sebutkan alat musik yang digunakan untuk mengiringi penampilannya !
b.      Sebutkan fungsi lagu tersebut dalam kehidupan masyarakat !
c.       Sebutkan hal-hal unik dari lagu tersebut !
Ü   Tuliskan makna / Interpretasi lagu tersebut !

NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1


2

2


4

3


4




10




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009




                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Sekolah
:
SMP negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran
:
Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas / Semester
:
VIII / I
Alokasi Waktu
:
8 x 40 menit ( 4x pertemuan )
Standar kompetensi
:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni 
Kompetensi dasar
:
4.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
§  Berlatih teknik memainkan rekorder sopran pada lagu “Ibu Kita Kartini“ sesuai dengan partitur.
§  Berlatih teknik memainkan gitar akustik untuk mengiringi lagu “Ibu Kita Kartini“ sesuai dengan partitur.
§  Menuliskan pola irama lagu yang sesuai pada lagu model “Ibu Kita Kartini“ ciptaan WR. Soepratman.
§  Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu “Ibu Kita Kartini“ secara kelompok.
§  Mempraktekkan hasil aransmen lagu “Ibu Kita Kartini“  dalam bentuk musik ansambel.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B.     Materi Ajar
a. Musik Ansambel
b. Aransmen Musik secara sederhana.

C.     Metode
Model Pendekatan CTL dan Lifeskill

D.     Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama, kedua, ketiga dan keempat
a.  Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apersepsi.
Tanya jawab tentang berbagai hak terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.

b.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru menyanyikan lagu model “Ibu Kita Kartini“ ciptaan WR. Soepratman.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mendiskusikan tentang elemen musik yaitu irama
F  Menerangkan pola irama
F  Bersama siswa merasakan pola irama dengan tepukan
F  Berlatih teknik memainkan alat musik rekorder sopran dan gitar akustik
F  Mendiskusikan pola irama  yang sesuai untuk mengiringi lagu “Ibu Kita Kartini“ bersama kelompoknya
F  Menerangkan aransemen musik
F  Menerangkan pembagian alat musik pada ansamble musik
F  Mendiskusikan / membuat aransemen lagu “Ibu Kita Kartini“ bersama kelompoknya.
F  Mempraktekkan hasil aransmen lagu model.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Sumber Belajar
- Buku “Seni Budaya .
- Kaset / VCD / Tape Recorder
- Gitar, Kendang, Keyboard, rekorder sopran.

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menyusun melodi dari alat musik pengiring dalam aransemen lagu
Ü  Menyusun interval, akor pada sangkar nada
Ü  Mampu mengaransir lagu etnik nusantara dalam bentuk ansambe

Tes praktik/
kinerja

Tes Uji Petik Kerja

Ü  Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
Ü  Susunlah interval, akor pada sangkar nada


Format penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Kedisiplinan dalam latihan





2
Minat dalam belajar





3
Kreativitas





4
Pola irama





5
Kekompakan 






Jumlah





Keterangan ceklis pada angka :           
1 = sangat kurang                     4 = baik
2 = kurang                               5 = sangat baik
3 = cukup       

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009








                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                        :  SMP Negeri 3 purwantoro
Mata Pelajaran                             : Seni Budaya
Kelas/Semester                            : VIII / 1 (satu)
Alokasi Waktu                             : 4 x 40 menit  ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
4.2 Menampilkan hasil aransemen karya lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Menyanyikan lagu “Ibu Pertiwi”
2.      Mengaransir lagu “Ibu Pertiwi” dengan memberikan melodi keduanya.
3.      Menyanyikan hasil aransmen sederhana lagu “Ibu Pertiwi” secara kelompok dalam dua suara.
4.      Membuat melodi – melodi selingan untuk berkarya musik ansambel.
5.      Menampilkan hasil aransmen sederhana lagu “Ibu Pertiwi” dalam bentuk ansambel musik.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B.     Materi Ajar
a. Musik Ansambel
b. Berkarya Musik

C.     Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life skill.

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a.       Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

b.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Menyanyikan lagu “Ibu Pertiwi “
F  Mengaransir secara sederhana dengan memberikan melodi kedua dari lagu “Ibu Pertiwi”.
F  Menampilkan aransemen lagu “Ibu Pertiwi” dalam dua suara secara berkelompok.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membuat melodi- melodi selingan ; prelude, interkude dan postlude.
F  Berlatih teknik bermain musik ansambel
F  Menampilkan hasil aransmen sedrrhana lagu “Ibu Petiwi” dalam bentuk musik ansambel.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok tentang kualitas karya dan penapilan hasil aransmen musik tiap kelompok.

E.     Alat/Sumber Belajar
v  Audio visual / pertunjukan musik nusantara.
v  Buku “Seni Budaya .
v  Alat musik

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Memainkan hasik aransemen lagu etnik Nusantaral
Ü  Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel

Tes praktik/
kinerja

Tes Uji Petik Kerja

Ü  Aransirlah lagu etnik Nusantara dengan susunan akor yang tepat
Ü  Mainkanlah hasil aransemen lagu etnik Nusantara
Ü  Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber bunyi) yang dipilih


Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Ketrampilan bermain musik





2
Kekompakan kelompok





3
Harmoni





4
Kreativitas





5
Penampilan






Jumlah






Keterangan ceklis pada angka  :
            1 = sangat kurang .2 = kurang                         
3 = cukup               4 = baik    
5 = sangat baik




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP 19660313 199003 1 009









                           KELAS  VIII  SEMESTER  GENAP