PROGRAM SEMESTER
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
MISDYANTO, SE , SP.d.Ing I S M A I L NIP 19630508 198501 1 003 NIP 19660313 199003 1 009
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Pendidikan Seni Budaya (Seni Musik)
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / II
Tahun Pelajaran : 2011 / 2012
A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
I. Banyaknya Minggu pada Semester Genap tahun 2011 / 2012
NO | B U L A N | Banyaknya Minggu Efektif |
1. | Januari 2012 | 5 minggu |
2. | Februari 2012 | 4 minggu |
3. | Maret 2012 | 4 minggu |
4. | April 2012 | 4 minggu |
5. | Mei 2012 | 4 minggu |
6. | Juni 2012 | 4 minggu |
J U M L A H | 26 minggu |
II. Banyaknya Minggu Tidak Efektif :
NO | B U L A N | Jumlah Minggu TIDAK efektif |
1. | Januari 2012 | 0 minggu |
2. | Februari 2012 | 1 minggu : Uji Coba UN TK Sub Rayon I |
3. | Maret 2012 | 1 minggu : Uji Coba UN TK Sub Rayon II |
4. | April 2012 | 4 minggu : Ujian Sekolah, Uji Coba UN TK Rayon, Ulangan Tengah Semester, Ujian Nasional |
5. | Mei 2012 | 1 minggu : Ujian Susulan |
6. | Juni 2012 | 2 minggu : Ujian Akhir Semester , Libur Semester |
J U M L A H | 9 minggu |
III. Jumlah Minggu Efektif : 26 minggu - 9 minggu = 17 minggu
IV. Banyaknya Jam Pelajaran Efektif : 17 minggu x 2 jam pelajaran = 34 jam pelajaran
B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU.
NO. | STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR / MATERI POKOK | ALOKASI WAKTU |
1 | 2 | 3 |
1. | 11. Mengapresiasi karya seni musik. | |
11.1. Mengidentifikasi jenis karya seni musik tradisional Nusantara. | 6 jam | |
Indikator : a. Mengidentifikasi beragam karya musik Nusantara sesuai dengan instrumen musik yang digunakan. b. Mengidentifikasi elemen-elemen musik : irama, tempo, nada dan dinamika musik Nusantara yang didengarkan. Materi Pokok : a. Musik Nusantara dan Perkembangannya b. Elemen-elemen musik Nusantara. | ||
U L A N G A N | 2 jam | |
11.2. Menampilkan sikap apresiasif terhadap keunikan seni musik tradisional Nusantara. | 4 jam | |
Indikator : a. Mengungkapkam rasa / kesan dalam bentuk tulisan terhadap lagu yang diperdengarkan dari instrumen yang dipergunakan. b. Mengungkapkan kesan dalam tulisan terhadap isi syair lagu yang diperdengarkan. . Materi Pokok : a. Karya-karya seni musik Nusantara. b. Syair lagu-lagu etnik Nusantara | ||
U L A N G A N | 2 jam | |
2. | 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. | |
12.1. Mengaransir secara sederhana lagu tradisional Nusantara | 6 jam | |
Indikator : a. Mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara. b. Menyusun pola irama, melodi berdasarkan musik Nusantara. Materi Pokok : a. Musik Nusantara b. Pola irama dan melodi dari lagu-lagu etnik Nusantara | ||
U L A N G A N | 2 jam | |
12.2. Menyiapkan seni musik tradisional Nusantara untuk disajikan secara pereseorangan dan kelompok di kelas atau di sekolah. | 4 jam | |
Indikator : a. Membuat perencanaan pementasan di dalam kelas dengan menyanyikan lagu etnik Nusantara. b. Berlatih memainkan lagu Nusantara dengan alat musik melodis secara individu maupun kelompok Materi pokok : a. Hasil karya musik Nusantara b. Lagu-lagu etnik Nusantara beserta akornya. | ||
12.3 Menyajikan karya seni musik tradisional Nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok di kelas atau di sekolah | 6 jam | |
Indikator : a. Memainkan satu lagu Nusantara dengan alat musik melodis secara individu. b. Memainkan satu lagu Nusanatara dengan alat musik melodis dalam ansambel musik. Materi Pokok : a. Hasil karya musik Nusantara b. Lagu-lagu etnik Nusantara beserta akornya. | ||
U L A N G A N | 2 jam |
Mengetahui Purwantoro, 02 Januari 2012
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro Guru Mapel
MISDYANTO, SE, SP.d.Ing I S M A I L
NIP 19630508 198501 1 003 NIP 19660313 199003 1 009---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Pendidikan Seni Budaya (Seni Musik)
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / I (Satu)
Tahun Pelajaran : 2011 / 2012
A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
I. Banyaknya Minggu pada Semester Ganjil tahun 2011 / 2012
NO | B U L A N | Banyaknya Minggu Efektif |
1. | Juli 201 | 4 minggu |
2. | Agustus 2011 | 4 minggu |
3. | September 2011 | 4 minggu |
4. | Oktober 2011 | 4 minggu |
5. | November 2011 | 4 minggu |
6. | Desember 2011 | 4 minggu |
J U M L A H | 24 minggu |
II. Banyaknya Minggu Tidak Efektif :
NO | B U L A N | Jumlah Minggu TIDAK efektif |
1. | Juli 2011 | 2 minggu : Libur , MOS dan LDK |
2. | Agustus 2011 | 2 minggu : Libur Awal Puasa, Libur Hari Raya Idul Fitri, Upacara |
3. | September 2011 | 1 minggu : Libut Hari Raya Idul Fitri |
4. | Oktober 2011 | 1 minggu : Keg Ulangan Tengah Semester |
5. | November 2011 | 1 minggu : Uji Coba UN tk Sekolah, |
6. | Desember 2011 | 2 minggu : Ujian Akhir Semester , Libur Semester |
J U M L A H | 9 minggu |
III. Jumlah Minggu Efektif : 24 minggu - 9 minggu = 15 minggu
IV. Banyaknya Jam Pelajaran Efektif :
15 minggu x 2 jam pelajaran = 30 jam pelajaran
B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU.
NO. | STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR / MATERI POKOK | ALOKASI WAKTU |
1 | 2 | 3 |
1. | 3. Mengapresiasi karya seni musik | |
3.1. Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara. | 6 jam | |
Indikator : a. Menentukan jenis lagu yang diperdengarkan b. Menidentifikasi crri-ciri lagu etnik dari beberapa daerah di nusantara Materi Pokok : Musik nusantara dan perkambangannya. | ||
3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu Nusantara | 6 jam | |
Indikator : a. Mengidentifikasi lagu etnik yang didengar berdasarkan fungsi sosialnya. b. Menuliskan/ mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu yang didengar. Materi Pokok : a. Karya-karya seni musik Nusantara. b. Syair lagu-lagu etnik Nusantara | ||
U L A N G A N | 2 jam | |
2. | 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | |
4.1. Mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel | 6 jam | |
Indikator : a. Mengaransir lagu etnik nusantara secara sederhana b. Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dengan menggunakan alat musik Materi Pokok : Lagu-lagu etnik nusantara | ||
U L A N G A N | 2 jam | |
4.2. Menampilkan hasil aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel | 6 jam | |
In Indikator : a. Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang Sudah diaransir dalam versi alat musik b. Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dalam versi vokal Materi pokok : Hasil karya musik Nusantara dan Perkembangannya | ||
U L A N G A N | 2 jam |
Mengetahui Purwantoro, Juli 2011
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro Guru Mapel
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Pendidikan Seni Budaya (Seni Musik)
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / II
Tahun Pelajaran : 2010 / 2011
A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
I. Banyaknya Minggu pada Semester Genap tahun 2010 / 2011
NO | B U L A N | Banyaknya Minggu Efektif |
1. | Januari 2011 | 5 minggu |
2. | Februari 2011 | 4 minggu |
3. | Maret 2011 | 4 minggu |
4. | April 2011 | 4 minggu |
5. | Mei 2011 | 4 minggu |
6. | Juni 2011 | 4 minggu |
J U M L A H | 26 minggu |
II. Banyaknya Minggu Tidak Efektif :
NO | B U L A N | Jumlah Minggu TIDAK efektif |
1. | Januari 2011 | 0 minggu |
2. | Februari 2011 | 1 minggu : Uji Coba UN TK Sub Rayon I |
3. | Maret 2011 | 1 minggu : Uji Coba UN TK Sub Rayon II |
4. | April 2011 | 4 minggu : Ujian Sekolah, Uji Coba UN TK Rayon, Ulangan Tengah Semester, Ujian Nasional |
5. | Mei 2011 | 1 minggu : Ujian Susulan |
6. | Juni 2011 | 3 minggu : Ujian Akhir Semester , Class meeting, Libur Semester |
J U M L A H | 10 minggu |
III. Jumlah Minggu Efektif : 26 minggu - 10 minggu = 16 minggu
IV. Banyaknya Jam Pelajaran Efektif : 16 minggu x 2 jam pelajaran = 32 jam pelajaran
B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU.
NO. | STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR / MATERI POKOK | ALOKASI WAKTU |
1 | 2 | 3 |
1. | 11. Mengapresiasi karya seni musik. | |
11.1. Mengidentifikasi ragam musik daerah setempat | 6 jam | |
Indikator : a. Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik sesuai dengan fungsinya. b. Menjelaskan secara lisan dan tertulis tentang karya musik sesuai dengan kehidupan masyarakatnya. Materi Pokok : Musik Nusantara dan Perkembangannya | ||
U L A N G A N | 2 jam | |
11.2. Menunjukkan sikap apresiasif terhadap keunikan seni musik daerah setempat | 4 jam | |
Indikator : a. Menyebutkan unsur-unsur keunikan musik daerah setempat. b. Unsur-unsur musik daerah setempat. Materi Pokok : Musik daerah setempat beserta unsur-unsurnya | ||
U L A N G A N | 2 jam | |
2. | 12.1. Mengekspresikan karya seni musik. | |
12.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat | 6 jam | |
Indikator : a. Menjelaskan prosedur mengaransir musik. b. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat. Materi pokok : a. Arransemen sederhana lagu daerah setempat. b. Lagu-lagu daerah. | ||
U L A N G A N | 2 jam | |
12.2. Menyajikan karya seni musik daerah setempat secara peseorangan dan berkelompok di kelas | 8 jam | |
Indikator : a. Membuat perencanaan pagelaran di kelas b. Menyanyikan lagu daerah setempat dengan arransemen yang sederhana Materi pokok : a. Arransemen sederhana lagu daerah setempat. b. Lagu-lagu daerah | ||
U L A N G A N | 2 jam |
Mengetahui Purwantoro, Januari 2011
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro Guru Mapel
B A S U K I, SP.d I S M A I L
NIP 19621209 198302 1 006 NIP 19660313 199003 1 009
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Pendidikan Seni Budaya (Seni Musik)
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / I (Satu)
Tahun Pelajaran : 2010 / 2011
A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
I. Banyaknya Minggu pada Semester Genap tahun 2010 / 2011
NO | B U L A N | Banyaknya Minggu Efektif |
1. | Juli 2010 | 4 minggu |
2. | Agustus 2010 | 4 minggu |
3. | September 2011 | 4 minggu |
4. | Oktober 2010 | 4 minggu |
5. | November 2010 | 4 minggu |
6. | Desember 2010 | 4 minggu |
J U M L A H | 24 minggu |
II. Banyaknya Minggu Tidak Efektif :
NO | B U L A N | Jumlah Minggu TIDAK efektif |
1. | Juli 2010 | 2 minggu : Libur akhir tahun pelajaran dan MOS |
2. | Agustus 2010 | 1 minggu : Libur awal puasa |
3. | September 2011 | 1 minggu : Libur hari raya Idul Fitri |
4. | Oktober 2010 | 2 minggu : Ulangan Tengah Semester |
5. | November 2010 | 1 minggu : Try Out dan Kegiatan upacara |
6. | Desember 2010 | 3 minggu : Ulangan akhir semester dan Libur akhir tahun pelajaran |
J U M L A H | 10 minggu |
III. Jumlah Minggu Efektif : 24 minggu - 10 minggu = 14 minggu
IV. Banyaknya Jam Pelajaran Efektif : 14 minggu x 2 jam pelajaran = 28 jam pelajaran
B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU.
NO. | STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR / MATERI POKOK | ALOKASI WAKTU |
1 | 2 | 3 |
1. | 3. Mengapresiasi karya seni musik. | |
3.1. Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat | 6 jam | |
Indikator : a. Mengidentifikasi jenis-jenis lagu etnik dari daerah setempat b. Mengidentifikasi elemen-elemen musik : irama, tempo, nada, dinamika dari lagu daerah setempat. Materi Pokok : Pengenalan ragam lagu etnik Nusantara dari daerah setempat | ||
3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. | 6 jam | |
Indikator : a. Mendeskripsikan lagu (permainan pergaulan yanh ada di daerah setempat. Materi Pokok : Pengenalan ragam lagu etnik Nusantara dari daerah setempat | ||
U L A N G A N | 2 jam | |
2. | 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. | |
4.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat | 6 jam | |
Indikator : a. Menuliskan pola irama lagu etnik setempat b. Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu etnik daerah setempat. Materi pokok : a. Mengaransir ragam lagu etnik Nusantara daerah setempat b. Lagu-lagu daerah. | ||
4.2. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat. | 6 jam | |
Indikator : a. Membuat perencanaan pagelaran di kelas b. Menyanyikan lagu daerah setempat dengan arransemen yang sederhana Materi pokok : a. Arransemen sederhana lagu daerah setempat. b. Lagu-lagu daerah | ||
U L A N G A N | 2 jam | |
J U M L A H | 28 jam pel |
Mengetahui Purwantoro, Juli 2010
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro Guru Mapel
B A S U K I, SP.d I S M A I L
NIP 19621209 198302 1 006 NIP 19660313 199003 1 009