KELAS VII SEMESTER GANJIL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Semester : 1 ( satu )
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi | : | 3. Mengapresiasi karya seni musik. |
Kompetensi dasar | : | 3.1.Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat. |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1. Menyebutkan lagu etnik daerah setempat.
2. Menyebutkan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo, nada, dinamika lagu etnik daerah setempat.
3. Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah lagu“Lir-ilir“.
4. Menyajikan lagu etnik daerah setempat Jawa tengah, lagu “Lir-ilir“.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. MATERI AJAR
1. Musik Daerah .
C. METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.
D. LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah setempat.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendengarkan lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
F Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik daerah setempat.
F Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat/ SUMBER BELAJAR
- Buku “Seni Budaya
- Lagu dareah “Lir - ilir”
- VCD/CD/kaset, Guru.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
· Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat · Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan · Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,tempo nada dan dinamika lagu daerah setempat | Tes lisan | Daftar pertanyaan | · Sebutkan jenis lagu yang diperdengarkan · Sebutkan alat musik yang mengiringi lagu · Sebutkan elemen-elemen musik yang terdapat pada lagu yang diperdengarkan |
FORMAT PENILAIAN
NO | Skor Mentah Perolehan (a) | Skor Mentah Maksimum (b) | Bobot soal skor Butir (c) | Nilai tiap soal |
1 | 2 | 2 | 2 | 2 |
2 | 1 | 2 | 2 | 1 |
3 | 2 | 2 | 2 | 2 |
4 | 2 | 2 | 2 | 2 |
5 | 1 | 2 | 2 | 1 |
8 | 10 | 10 | 8 |
Keterangan : Nilai tiap soal = a/b x c
Skor butir soal = 8/10x100% = 8
Jadi nilai siswa dalam indikator ini adalah 8
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro ( ........................................... ) NIP ………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1009 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 3 Purwantoro |
Mata Pelajaran | : | Seni Budaya/ Seni Musik |
Kelas / Semester | : | VII / 1 (satu) |
Alokasi Waktu | : | 2 x 40 menit |
Standar kompetensi | : | 3. Mengapresiasikan karya seni Musik. |
Kompetensi dasar | : | 3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. |
1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada khir pembelajaran siswa dapat:
§ Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan ( Lagu “Cublak – Cublak Suweng”).
§ Menyebutkan elemen- elemen musik : irama, tempo, nada, dinamika dan dari lagu daerah setempat ( yang diperdengarkan )
§ Menyebutkan keunikan-keunikan lagu daerah yang diperdengarkan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
2. MATERI AJAR
1. Musik Daerah.
3. METODE
Model Pendekatan Ctl dan Lifeskill
4. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan tanggapan pribadi tentang keunikan lagu Jaranan.
F Mendengarkan Lagu “Cublak-Cublak Suweng” melalui Kaset/ VCD
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendiskusikan tentan elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Alat / SUMBER BELAJAR
1. Buku „Seni Budaya .
2. Kaset /VCD / Tape Rekorder.
3. Lagu „Cublak-cublak Suweng“
6. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
· Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu daerah setempat · Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan lagu POP daerah setempat | Tes tertulis | Tes uraian | · Tuliskan tentang keunikan yang ada pada lagu etnik daerah setempat · Jelaskan perbedaan keunikan lagu POP daerah serta lagu etnik daerah setempat |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro ( ........................................... ) NIP ………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1 009 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : | SMP Negeri 3 Purwantoro |
Mata Pelajaran | : | Seni Budaya/ Seni Musik |
Kelas / Semester | : | VII / I |
Alokasi Waktu | : | 6 x 40 menit ( 3x pertemuan ) |
Standar kompetensi | : | 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni |
Kompetensi dasar | : | 4.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat |
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Pertemuan 1-2 & 3
§ Menuliskan pola irama lagu model “Gambang Suling“.
§ Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu “Gambang Suling“
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar
a. Musik Daerah
b. Berkarya Musik
C. Metode
Model Pendekatan CTL dan Lifeskill
D. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1-2 & 3
a. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
Tanya jawab tentang berbagai hak terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyanyikan lagu model “Gambang Suling“
F Menerangkan aransemen musik
F Menerangkan pembagian alat musik pada ansamble musik
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendiskusikan tentang elemen musik yaitu irama
F Menerangkan pola irama
F Bersama siswa merasakan pola irama dengan tepukan
F Membentuk kelompok diskusi
F Mendiskusikan pola irama “Gambang Suling“ bersama kelompoknya
F Mendiskusikan / membuat aransemen lagu “Gambang Suling“ bersama kelompoknya.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber Belajar
- Buku “Seni Budaya .
- Lagu-lagu etnik daerah
- DVCD/cassette/guru.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü menyanyikan lagu daerah setempat Ü Menjelaskan prosedur mengaransir lagu Ü mengaransir secara sederhana dengan memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu Ü Mengaransir lagu etnik daerah setempat dalam dua suara Ü Mendemonstrasikan alat musik ritmis dengan lagu yang telah diaransir | Tes praktik/ Kinerja | Tes Uji kerja | ÜNyanyikan lagu daerah setempat dengan benar ÜSebutkan cara mengaransir lagu Ü Buatlah aransemen sederhana dari lagu yang diperdengarkan ÜSebutkan 3 contoh lagu daerah Jawa Tengah ÜApa yang dimaksud pola irama? ÜTuliskan pola irama lagu “Gambang Suling“! ÜApa yang dimaksud aransemen? ÜSebutkan bagian-bagian dalam penyajian musik ! |
Format penilaian
NO | Skor Mentah Perolehan (a) | Skor Mentah Maksimum (b) | Bobot soal skor Butir (c) | Nilai tiap soal |
1 | 2 | 2 | ||
2 | 2 | 2 | ||
3 | 2 | 2 | ||
4 | 2 | 2 | ||
5 | 2 | 2 | ||
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro ( ........................................... ) NIP ………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1 009 |
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Semester : VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertertemuan )
Standar kompetensi | : | 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. |
Kompetensi dasar | : | 4.2 Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat. |
A. Tujuan Pembelajaran
1. Mendengarkan etnik setempat
2. Membaca notasi karya lagu etnik setempat.
3. Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat.
4. Menyajikan hasil aransemen secara sederhana
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar
a. Praktek Musik
b. Berkarya Musik
C. Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life Skill..
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
1. Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
peserta didik melakukan tanya jawab sekitar materi pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengaransir secara sederhana dengan memberikan melodi kedua dari lagu etnik setempat.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Menuliskan pola irama lagu etnik setempat. (Gambang Suling)
F Menampilkan aransemen lagu etnik setempat secara perorangan atau kelompok.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat/Sumber Belajar
F Audio visual / pertunjukan musik daerah.
F Buku teks
F Alat musik
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat secara perorangan atau kelompok Ü Menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat dengan menggunakan berbagai alat musik | Tes praktik/ Kinerja | Tes Uji kerja | ÜTampilkan lagu hasil aransemen secara kelompok ÜTampilkan lagu hasil aransemen secara perorangan |
Format Penilaian
No | Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Tinggi rendah not | |||||
2 | Panjang pendek not | |||||
3 | Ketepatan kebutuhan | |||||
4 | Kelancaran | |||||
Jumlah |
Keterangan : 1 = sangat kurang 4 = baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro ( ........................................... ) NIP………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1 009 |
KELAS VII SEMESTER GENAP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas : VII (tujuh)
Semester : 2 (genap)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi : 11. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar : 11.1 Mengidentifikasi ragam jenis musik daerah.
§ Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
§ Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
§ Menyebutkan elemen lagu seperti, irama, nada, tempo dan dinamika lagu.
§ Menjelaskan makna dari lagu jenis musik daerah.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
§ Materi Ajar
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu daerah Jawa Barat “Manuk Dadali” oleh : Sambas
§ Metode Pembelajaran
Model pendekatan Ctl dan life skill
§ Langkah – langkah pembelajaran
Peretmuan pertama dan kedua.
1. Kegiatan Pendahuluan
· Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendengarkan lagu-lagu Jawa Barat melalui CD/VCD/kaset/guru.
F Mendiskusikan tentang elemen musik seperti irama, tempo, nada, serta dinamika.
F Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau tertulis.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
§ Alat/Sumber Belajar
F Buku “Seni Budaya .
F Lagu daerah “Manuk Dadali”
F VCD, CD, kaset, guru
§ Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari tokoh daerah setempat Ü Menyebutkan nama alat musik pengiring | Tes Tertulis | Tes uraian | Ü Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya Ü Sebutkan nama alat musik pengiringnya Ü Berikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan Ü Sebutkan nama irama, dinamika, tempo lagu yang diperdengarkan! Ü Sebutkan alat musik yang digunakan dalam lagu yang diperdengarkan! Ü Jelaskan nama pencipta lagu “Manuk Dadali” Ü Ceritakan makna lagu “Manuk Dadali” yang kalian dengarkan! Ü Sebutkan tanda mula pada lagu “Manuk Dadali” |
Format penilaian
NO | Skor Mentah Perolehan (a) | Skor Mentah Maksimum (b) | Bobot soal skor Butir (c) | Nilai tiap soal |
1 | 2 | 2 | ||
2 | 2 | 2 | ||
3 | 2 | 2 | ||
4 | 2 | 2 | ||
5 | 2 | 2 | ||
10 | 10 |
Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro ( ........................................... ) NIP ………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1 009 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : VII / 2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi | : | 1.1 Mengekspresikan karya seni musik. |
Kompetensi dasar | : | 1.1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. |
I. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
II. Materi Ajar
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu “Karatagan Pahlawan”.
III. Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTl dan Lifeskill
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membentuk kelompok diskusi.
F Guru memperdengarkan lagu “Karatagan Pahlawan” melalui VCD.
F Dengan kelompoknya siswa memberikan tanggapan pada lagu yang diperdengarkan.
F Masing-masing kelompok memberikan tanggapan secara lisan.
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
V. Alat/Sumber Belajar
F Buku “ Seni Budaya .
F VCD,/cassete/guru
F Lagu “Karatagan Pahlawan”.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü Mempresentasikan keunikan lagu daerah setempat | Tes Tertulis | Tes uraian | Ü Sebutkan 3 keunikan dan ciri lagu daerah setempat Ü Berasal dari daerah manakah lagu “Karatagan Pahlawan”? Ü Memakai tangga nada apakah lagu “Karatagan Pahlawan”? Ü Bagaimana cara menyanyikan lagu “Karatagan Pahlawan”? Ü Bagaimana pendapatmu tentang keberadaan lagu daerah pada era sekarang? Ü Siapa pencipta lagu “Karatagan Pahlawan”? |
Format penilaian
NO | Skor Mentah Perolehan (a) | Skor Mentah Maksimum (b) | Bobot soal skor Butir (c) | Nilai tiap soal |
1 | 20 | 20 | ||
2 | 20 | 20 | ||
3 | 20 | 20 | ||
4 | 30 | 30 | ||
5 | 10 | 10 | ||
100 | 100 |
Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot soal sama dengan nilai tertinggi
Mengetahui, Kepala SMP Negerti 3 Purwantoro ( ........................................... ) NIP ………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1009 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas : VII / 2
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi | : | 1.1 Mengapresiasi karya seni musik |
Kompetensi dasar | : | 1.1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. |
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
2. Materi Ajar
Struktur Formal Musik Daerah
3. Metode Pembelajaran
1. Model pendekatanCTL dan Life skill
4. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membentuk kelompok diskusi.
F Guru memperdengarkan tembang Asmarandana.
F Dengan kelompoknya siswa mendiskusikan tembang Asmarandana; tangga nada yang dipakai, mendiskusikan unsur keunikan tembang Asmarandana
F Mempresentasikan hasil kerja kelompok.
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Alat / Sumber Belajar
F Buku “Seni Budaya .
F Tape recorder, cassete, tembang Asmarandana.
6. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü Mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah setempat | Tes Tertulis | Tes uraian | Ü Sebutkan 3 nama tokoh musik daerah setempat Ü Sebutkan jadwal lagu yang diperdengarkan pada tape recorder? Ü Memakai tangga nada apakah tembang Asmarandana? Ü Tulislah syair lagu tersebut! Ü Dimanakah letak unsur keunikan pada tembang Asmarandana? |
Format penilaian
NO | Skor Mentah Perolehan (a) | Skor Mentah Maksimum (b) | Bobot soal skor Butir (c) | Nilai tiap soal |
1 | 10 | 10 | ||
2 | 20 | 20 | ||
3 | 20 | 20 | ||
4 | 20 | 20 | ||
5 | 30 | 30 | ||
100 | 100 |
Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot soal sama dengan nilai tertinggi
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro ( ........................................... ) NIP ………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1009 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3X Pertemuan )
Standar kompetensi | : | 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. |
Kompetensi dasar | : | 12.1 Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat. |
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
§ Menyanyikan lagu daerah “ Gelang si Paku Gelang” secara kelompok.
§ Menulis elemen-elemen musik seperti; nada, irama, dan dinamika lagu daerah yang didengar.
§ Membuat nada- nada melodi selingan secara sederhana.
§ Mengaransir secara sederhana lagu daerah yang didengar.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar
a. Berkarya Musik daerah
C. Metode Pembelajaran
§ Model pendekatan CTL dan Life skill.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama, kedua dan ketiga.
1. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Memperdengarkan satu bentuk arr. Musik melalui CD/tape.
F peserta didik Menirukan/menyanyikan lagu daerah yang didengar.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memulai berlatih menulis aransemen dengan dipandu guru.
F Membagi siswa dalam 5 kelompok dan menentukan alat musik pengiring
F Mendiskusikan unsur-unsur lagu yang akan diaransir
F Tiap kelompok mengaransir secara sederhana lagu yang berbeda
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Menanyakan kepada siswa bagaimana tanggapan dan perasaannya bisa menyusun / membuat karya arr. Sendiri.
F Membuat kesimpulan hasil lagu yang akan diaransir.
E. Sumber Belajar
F Buku “Seni Budaya .
F Lagu-lagu daerah
F DVD, VCD, CD, kaset tape recorder /guru
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü menyanyikan lagu daerah setempat Ü mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat Ü Mengaransir lagu yang berbeda secara kelompok | Tes praktik/ kinerja | Tes Uji Petik Kerja | Ü Nyanyikanlah 3 judul lagu yang sudah diperdengarkan Ü Buatlah partitur aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan Ü Tampilkan lagu yang telah diaransir secara kelompok |
Format Penilaian
No | Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Ketrampilan bermain musik | |||||
2 | Kekompakan kelompok | |||||
3 | Harmoni | |||||
4 | Kreativitas | |||||
5 | Penampilan | |||||
Jumlah |
Keterangan ceklis pada angka :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro ( ........................................... ) NIP ………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1 009 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemua )
Standar kompetensi | : | 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik |
Kompetensi dasar | : | 12.2 menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perorangan dan berkelompok di kelas. |
Indikator | : | v Membuat perencanaan pagelaran v Menyanyikan lagu daerah setempat dengan aransemen sederhana |
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Membentuk susunan panitia pagelaran.
2. Menyanyikan lagu daerah Jawa Barat secara perorangan
3. Menyanyikan lagu daerah Jawa Barat dengan aransemen sederhana secara kelompok.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
a. Berkarya Musik Daerah
b. Pergelaran Kelas
C. Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua.
a. Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat perencanaan pagelaran
F Menyanyikan lagu daerah Jawa Barat dengan aransemen sederhana
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih memainkan hasil aransemen
F Menyajikan hasil aransemen secara sederhana baik perorangan maupun berkelompok
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang lagu daerah Jawa Barat.
E. Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
Cassette/DVCD/guru
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü Menyajikan hasil aransemen karya musik daerah setempat Ü Menyajikan hasil aransemen secara kelompok dan perorangan | Tes praktik/ kinerja | Tes Uji Petik Kerja | Ü Tampilkan hasil aransemen kamu dengan alat musik pengiring yang dipilih Ü Menyebutkan susunan panitia pagelaran! Ü Nyanyikan lagu daerah Jawa Barat secara perorangan! Ü Nyanyikan lagu daerah Jawa Barat dengan aransemen sederhana secara kelompok. |
Format Penilaian
No | Aspek-aspek yang dinilai | Penilaian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Intonasi lagu | |||||
2 | Artikulasi | |||||
3 | Ketepatan ketukan | |||||
4 | Harmonis | |||||
Jumlah |
Keterangan ceklis pada angka :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro ( ........................................... ) NIP ………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1 009 |