R P P kelas VII

                KELAS  VII  SEMESTER  GANJIL

                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                :  SMP  Negeri 3 Purwantoro
Kelas                                   :  VII
Mata Pelajaran                    :  Seni Budaya / Seni Musik
Semester                             :  1 ( satu )
Alokasi Waktu                    :  2 x 40 menit

Standar kompetensi
:
3.   Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
3.1.Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.      Menyebutkan lagu etnik daerah setempat.
2.      Menyebutkan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo, nada, dinamika lagu etnik daerah setempat.
3.      Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah lagu“Lir-ilir“.
4.      Menyajikan lagu etnik daerah setempat Jawa tengah, lagu “Lir-ilir“.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     MATERI AJAR
1.      Musik Daerah .

C.     METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.

D.     LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah setempat.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendengarkan lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
F  Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik daerah setempat.
F  Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/ SUMBER BELAJAR
-       Buku “Seni Budaya
-       Lagu dareah “Lir - ilir”
-       VCD/CD/kaset, Guru.

F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mengidentifikasi jenis lagu   daerah setempat
·     Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan
·     Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,tempo nada dan dinamika lagu daerah setempat
Tes
lisan




Daftar pertanyaan






·   Sebutkan jenis lagu yang diperdengarkan
·   Sebutkan alat musik yang mengiringi lagu
·   Sebutkan  elemen-elemen musik yang terdapat pada lagu yang diperdengarkan


FORMAT PENILAIAN
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1
2
2
2
2
2
1
2
2
1
3
2
2
2
2
4
2
2
2
2
5
1
2
2
1

8
10
10
8


Keterangan : Nilai tiap soal   = a/b x c
                     Skor butir soal = 8/10x100% = 8
                      Jadi nilai siswa dalam indikator ini adalah 8






Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L 
NIP  19660313 199003 1009

                                                                                                                                         





                       RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


Sekolah
:
 SMP  Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran
:
Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas / Semester
:
VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
3.  Mengapresiasikan  karya seni Musik.
Kompetensi dasar
:
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. 

1.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada khir pembelajaran siswa dapat:
§  Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan ( Lagu “Cublak – Cublak Suweng”).
§  Menyebutkan elemen- elemen musik : irama, tempo, nada, dinamika dan dari lagu daerah setempat ( yang diperdengarkan )
§  Menyebutkan keunikan-keunikan lagu daerah yang diperdengarkan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

2.      MATERI AJAR
1. Musik Daerah.

3.      METODE
Model Pendekatan Ctl dan Lifeskill

4.      LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan. 

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memberikan tanggapan pribadi tentang keunikan lagu Jaranan. 
F  Mendengarkan Lagu “Cublak-Cublak Suweng” melalui Kaset/ VCD
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan tentan elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

5.      Alat / SUMBER BELAJAR
1.      Buku „Seni Budaya .
2.      Kaset /VCD / Tape Rekorder.
3.      Lagu „Cublak-cublak Suweng“

6.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu  daerah setempat
·     Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan  lagu POP daerah setempat

Tes tertulis

Tes uraian

·   Tuliskan   tentang keunikan yang ada pada lagu etnik daerah setempat
·   Jelaskan perbedaan keunikan lagu POP daerah serta lagu etnik daerah setempat


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP 19660313 199003 1 009









                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah
:
SMP  Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran
:
Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas / Semester
:
VII / I
Alokasi Waktu
:
6 x 40 menit ( 3x pertemuan )
Standar kompetensi
:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni 
Kompetensi dasar
:
4.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Pertemuan 1-2 & 3
§  Menuliskan pola irama lagu model “Gambang Suling“.
§  Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu “Gambang Suling“

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
a. Musik Daerah
b. Berkarya Musik

C.     Metode
Model Pendekatan CTL dan Lifeskill

D.     Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1-2 & 3
a.  Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab tentang berbagai hak terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.

b.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru menyanyikan lagu model “Gambang Suling“
F  Menerangkan aransemen musik
F  Menerangkan pembagian alat musik pada ansamble musik
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan tentang elemen musik yaitu irama
F  Menerangkan pola irama
F  Bersama siswa merasakan pola irama dengan tepukan
F  Membentuk kelompok diskusi
F  Mendiskusikan pola irama “Gambang Suling“ bersama kelompoknya
F  Mendiskusikan / membuat aransemen lagu “Gambang Suling“ bersama kelompoknya.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Sumber Belajar
- Buku “Seni Budaya .
- Lagu-lagu etnik daerah
- DVCD/cassette/guru.

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  menyanyikan lagu daerah setempat
Ü  Menjelaskan prosedur mengaransir lagu
Ü   mengaransir secara sederhana dengan memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu
Ü  Mengaransir lagu etnik daerah setempat dalam dua suara
Ü  Mendemonstrasikan alat musik ritmis dengan lagu yang telah diaransir

Tes praktik/ Kinerja







Tes Uji kerja








ÜNyanyikan lagu daerah setempat dengan benar
ÜSebutkan cara mengaransir lagu
Ü Buatlah aransemen     sederhana dari lagu    yang diperdengarkan
ÜSebutkan 3 contoh lagu daerah Jawa Tengah
ÜApa yang dimaksud pola irama?
ÜTuliskan pola irama lagu “Gambang Suling“!
ÜApa yang dimaksud aransemen?
ÜSebutkan bagian-bagian  dalam penyajian musik !



Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

2
2

2

2
2

3

2
2

4

2
2

5

2
2










Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP 19660313 199003 1 009




                                     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                         : SMP  Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran                              : Seni Budaya  (Seni Musik)
Kelas/Semester                             : VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu                              : 4 x 40 menit  ( 2x pertertemuan )

Standar kompetensi
:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
4.2 Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Mendengarkan etnik setempat
2.      Membaca notasi karya lagu etnik setempat.
3.      Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat.
4.      Menyajikan hasil aransemen secara sederhana

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
a. Praktek Musik
b. Berkarya Musik

C.     Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life Skill..

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
1.      Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
peserta didik melakukan tanya jawab sekitar materi pembelajaran. 

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengaransir secara sederhana dengan memberikan melodi kedua dari lagu etnik setempat.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Menuliskan pola irama lagu etnik setempat. (Gambang Suling)
F  Menampilkan aransemen lagu etnik setempat secara perorangan atau kelompok.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/Sumber Belajar
F  Audio visual / pertunjukan musik daerah.
F  Buku teks
F  Alat musik

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat  secara perorangan atau kelompok
Ü  Menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat dengan menggunakan berbagai alat musik
Tes praktik/ Kinerja

Tes Uji kerja

ÜTampilkan lagu hasil      aransemen secara  kelompok

ÜTampilkan lagu hasil    aransemen secara perorangan

Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Tinggi rendah not





2
Panjang pendek not





3
Ketepatan kebutuhan





4
Kelancaran






Jumlah






Keterangan :    1 = sangat kurang                     4 = baik
2 = kurang                               5 = sangat baik
3 = cukup       




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP…………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009



                                                        KELAS  VII SEMESTER  GENAP


                                  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Sekolah                                        :  SMP  Negeri 3 Purwantoro
Kelas                                           : VII (tujuh)
Semester                                      : 2 (genap) 
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu                            : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi                    : 11. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar                       : 11.1 Mengidentifikasi ragam jenis musik daerah. 


§  Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
§ Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
§ Menyebutkan elemen lagu seperti, irama, nada, tempo dan dinamika lagu.
§ Menjelaskan makna dari lagu jenis musik daerah.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

§  Materi Ajar
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu daerah Jawa Barat “Manuk Dadali” oleh : Sambas

§  Metode Pembelajaran
Model pendekatan Ctl dan life skill

§  Langkah – langkah pembelajaran
Peretmuan pertama dan kedua.
1.   Kegiatan Pendahuluan
·         Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

2.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendengarkan lagu-lagu Jawa Barat melalui CD/VCD/kaset/guru.
F  Mendiskusikan tentang elemen musik seperti irama, tempo, nada, serta dinamika.
F  Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau tertulis.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

§  Alat/Sumber Belajar
F  Buku “Seni Budaya .
F  Lagu daerah “Manuk Dadali”
F  VCD, CD, kaset, guru

§  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari tokoh daerah setempat
Ü  Menyebutkan nama alat musik pengiring

Tes Tertulis
Tes uraian

Ü  Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya
Ü  Sebutkan nama alat musik pengiringnya
Ü  Berikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan
Ü  Sebutkan nama irama, dinamika, tempo lagu yang diperdengarkan!
Ü  Sebutkan alat musik yang digunakan dalam lagu yang diperdengarkan!
Ü  Jelaskan nama pencipta lagu “Manuk Dadali”
Ü  Ceritakan makna lagu “Manuk Dadali” yang kalian dengarkan!
Ü  Sebutkan tanda mula pada lagu “Manuk Dadali”

Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

2
2

2

2
2

3

2
2

4

2
2

5

2
2



10
10



Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009




                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Sekolah                                        : SMP  Negeri 3 Purwantoro
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya
Kelas/Semester                            : VII / 2 (dua)
Alokasi Waktu                             : 2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
1.1 Mengekspresikan karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
1.1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. 

I.          Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

II.       Materi Ajar
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu “Karatagan Pahlawan”.

III.    Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTl dan Lifeskill

IV.    Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi  
  
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membentuk kelompok diskusi.
F  Guru memperdengarkan lagu “Karatagan Pahlawan”  melalui VCD.
F  Dengan kelompoknya siswa memberikan tanggapan pada lagu yang diperdengarkan.
F  Masing-masing kelompok memberikan tanggapan secara lisan.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

V.     Alat/Sumber Belajar
F  Buku “ Seni Budaya .
F  VCD,/cassete/guru
F  Lagu “Karatagan Pahlawan”. 



VI.              Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mempresentasikan keunikan lagu daerah setempat

Tes Tertulis
Tes uraian

Ü  Sebutkan 3 keunikan dan ciri  lagu daerah setempat
Ü  Berasal dari daerah manakah lagu “Karatagan Pahlawan”?
Ü  Memakai tangga nada apakah lagu “Karatagan Pahlawan”?
Ü  Bagaimana cara menyanyikan lagu “Karatagan Pahlawan”?
Ü  Bagaimana pendapatmu tentang keberadaan lagu daerah pada era sekarang?
Ü  Siapa pencipta lagu “Karatagan Pahlawan”?

Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

20
20

2

20
20

3

20
20

4

30
30

5

10
10



100
100

Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot soal sama dengan nilai  tertinggi 


Mengetahui,
Kepala SMP Negerti 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1009






                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                        :  SMP  Negeri 3 Purwantoro
Kelas                                           : VII / 2  
Mata Pelajaran                            : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu                            : 2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
1.1 Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar
:
1.1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. 

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

2.      Materi Ajar
Struktur Formal Musik Daerah

3.      Metode Pembelajaran
1.      Model pendekatanCTL dan Life skill

4.      Langkah-langkah Pembelajaran
a.  Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi  

b.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membentuk kelompok diskusi.
F  Guru memperdengarkan tembang Asmarandana.
F  Dengan kelompoknya siswa mendiskusikan tembang Asmarandana; tangga nada yang dipakai, mendiskusikan unsur keunikan tembang Asmarandana
F  Mempresentasikan hasil kerja kelompok.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

5.      Alat / Sumber Belajar
F  Buku “Seni Budaya .
F  Tape recorder, cassete, tembang Asmarandana. 





6.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah setempat


Tes Tertulis
Tes uraian

Ü  Sebutkan 3 nama tokoh musik daerah setempat
Ü  Sebutkan jadwal lagu yang diperdengarkan pada tape recorder?
Ü  Memakai tangga nada apakah tembang Asmarandana?
Ü  Tulislah syair lagu tersebut!
Ü  Dimanakah letak unsur keunikan pada tembang Asmarandana?
     
Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

10
10

2

20
20

3

20
20

4

20
20

5

30
30



100
100


Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot soal sama dengan nilai  tertinggi 


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1009





                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Sekolah                                        : SMP  Negeri 3 Purwantoro
Kelas                                            : VII (tujuh) 
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                                      : 2 (dua)
Alokasi Waktu                             : 6 x 40 menit  ( 3X Pertemuan )
Standar kompetensi
:
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
12.1 Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat. 

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
§  Menyanyikan lagu daerah “ Gelang si Paku Gelang” secara kelompok.
§  Menulis elemen-elemen musik seperti; nada, irama, dan dinamika lagu daerah yang didengar.
§  Membuat nada- nada melodi selingan secara sederhana.
§  Mengaransir secara sederhana lagu daerah yang didengar.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar
a. Berkarya Musik daerah

C. Metode Pembelajaran
§  Model pendekatan CTL dan Life skill.

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama, kedua  dan ketiga.
1.  Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi  

2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Memperdengarkan satu bentuk arr. Musik melalui CD/tape.
F  peserta didik Menirukan/menyanyikan lagu daerah yang didengar.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memulai berlatih menulis aransemen dengan dipandu guru.
F  Membagi siswa dalam 5 kelompok dan menentukan alat musik pengiring
F  Mendiskusikan unsur-unsur lagu yang akan diaransir
F  Tiap kelompok mengaransir secara sederhana lagu  yang berbeda
F   memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menanyakan kepada siswa bagaimana tanggapan dan perasaannya bisa menyusun / membuat karya arr. Sendiri.
F  Membuat kesimpulan  hasil lagu yang akan diaransir.

E. Sumber Belajar
F  Buku “Seni Budaya .
F  Lagu-lagu daerah
F  DVD, VCD, CD, kaset tape recorder /guru




F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  menyanyikan lagu daerah setempat
Ü  mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
Ü Mengaransir lagu yang berbeda secara kelompok

Tes praktik/ kinerja


Tes Uji Petik Kerja
Ü  Nyanyikanlah 3 judul lagu yang sudah diperdengarkan
Ü Buatlah partitur aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
Ü Tampilkan lagu yang telah diaransir secara kelompok


Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Ketrampilan bermain musik





2
Kekompakan kelompok





3
Harmoni





4
Kreativitas





5
Penampilan






Jumlah






Keterangan ceklis pada angka  :
            1 = sangat kurang                      
2 = kurang                              
3 = cukup       
4 = baik          
5 = sangat baik


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009







                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                                        : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas                                            : VII (tujuh)  
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                                      : 2 (dua)
Alokasi Waktu                             : 4 x 40 menit  ( 2x pertemua )

Standar kompetensi
:
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi dasar
:
12.2 menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perorangan dan berkelompok di kelas.
Indikator
:
v Membuat perencanaan pagelaran
v Menyanyikan lagu daerah setempat dengan aransemen sederhana

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1.      Membentuk susunan panitia pagelaran.
2.      Menyanyikan lagu daerah Jawa Barat secara perorangan
3.      Menyanyikan lagu daerah Jawa Barat dengan aransemen sederhana secara kelompok.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.  Materi Pembelajaran
a. Berkarya Musik Daerah
b. Pergelaran Kelas

C.  Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill.

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua.
a.       Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi  

b.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membuat perencanaan pagelaran
F  Menyanyikan lagu daerah Jawa Barat dengan aransemen sederhana
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berlatih memainkan hasil aransemen
F  Menyajikan hasil aransemen secara sederhana baik perorangan maupun berkelompok
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang lagu daerah Jawa Barat.
E.     Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
Cassette/DVCD/guru

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menyajikan hasil aransemen karya musik daerah setempat
Ü  Menyajikan hasil aransemen secara kelompok  dan perorangan

Tes praktik/ kinerja


Tes Uji Petik Kerja
Ü  Tampilkan hasil aransemen kamu  dengan alat musik pengiring yang dipilih
Ü  Menyebutkan susunan panitia pagelaran!
Ü  Nyanyikan lagu daerah Jawa Barat secara perorangan!
Ü  Nyanyikan lagu daerah Jawa Barat dengan aransemen sederhana secara kelompok.


Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Intonasi lagu





2
Artikulasi





3
Ketepatan ketukan





4
Harmonis






Jumlah






Keterangan ceklis pada angka  :
            1 = sangat kurang                      
2 = kurang                              
3 = cukup       
4 = baik          
5 = sangat baik


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro



( ........................................... )
NIP …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel 



I S M A I L
NIP  19660313 199003 1 009