SILABUS Kelas VII

Sekolah                                   :  SMP  Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester                     :  VII (Tujuh)/ 1 (Satu)
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi             :    3.      Mengapresiasi karya seni musik

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1.    Mengindentifikasi jenis lagu daerah setempat
3.2.    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat






·         Pengenalan ragam lagu etnik  Nusantara daerah setempat



·       Mendengarkan lagu etnik  daerah setempat
·       Menyaksikan pertunjukan lagu etnik daerah setempat
·       Mengkaji elemen-elemen musik, irama, tempo,nada, dinamik lagu etnik daerah setempat
·       Mempresentasikan hasil diskusi
·         Mengidentifikasi jenis-jenislagu etnik dari daerah setempat
·         Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama, tempo,nada,dinamika dan  dari lagu daerah setempat
·         Mendeskripsikan lagu (pemainan pergaulan)  yang ada  di daerah setempat

Tes
lisan

Tes uraian
·   Bagaimana pendapatmu tentang lagu etnis yang diperdengarkan

·   Berikan tanggapan tentang elemen-elemen lagu etnik daerah setempat

4



4

Audio visual

Buku teks

Alat musik/ sumber bunyi





Sekolah                                   :  SMP  Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester                     :  VII (Tujuh)/ 1 ( Satu )
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK
 Standar Kompetensi             : 
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1.    Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
4.2.    Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat





·         Mengaransir ragam lagu etnik  Nusantara daerah setempat


·       Mendengarkan lagu etnik daerah setempat
·         Membaca notasi/karya lagu daerah setempat
·         Menuliskan pola irama, tempo,nada dan dinamika lagu etnik daerah setempat
·         Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat
·         Menyajikan hasil aransemen secara sederhana

  • Menuliskan pola irama lagu etnik setempat
  • Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu etnik daerah setempat

  • Menampilkan aransemen lagu etnik setempat  secara perorangan atau kelompok



Unjuk kerja
Tes Identifikasi
·         Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang diperdengarkan
·         Bunyikan nada, irama tempo dan dinmika dari lagu etnik yang diperdengarkan
·         Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
·         Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber suara) yang dipilih

6






6
Audio visual/ pertunjukan musik etnis

Buku teks

Alat musik/ sumber bunyi


Sekolah                                   :  SMP  Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester                     :  VII (Tujuh)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi             : 
11. mengapresiasi karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
11.1 Mengidentifikasi ragam musik daerah setempat
11.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik daerah setempat





·        Tanggapan tentang karya musik nusantara
·         Membaca referensi tentang musik daerah setempat/ nusantara
·         Mendengarkan beberapa karya musik daerah setempat/ nusantara
·         Menukis penulaian tentang fungsi dan makna karya musik daerah setempat/ nusantara yang diperdengarkan
·         Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik sesuai dengan fungsinya
·         Menjelaskan secara lisan dan tertulis tentang karya musik sesuai dengan kehidupan masyarakatnya
·         Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat


Tes
Tes tulis
·         Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya
·         Berikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan
·         Sebutkan keunikan dan ciri musik etnik daerah setempat
4




4








Buku teks

Tape
recorder

Lagu lagu daerah setempat

Sekolah                                   :  SMP  Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester                     :  VII (Tujuh)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi             : 
12. Mengekspresikan  karya seni musik


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1  mengaransir secara sederhana karya kagu daerah setempat
12.2  menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas



·         Aransemen sederhana lagu daerah setempat
·         Mendengarkan lagu etnik daerah setempat / nusantara
·         Membaca notasi / karya musik daerah setempat/ nusantara
·         Menuliskan pola irama lagu daerah setempat / nusantara
·         Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat
·         Menyajikan hasil aransemen secara sederhana baik perorangan maupun berkelompok

·         Menjelaskan prosedur mengaransir musik
·         Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
·         Membuat perencanaan pagelaran
·         Menyanyikan lagu aerah setempat dengan aransemen sederhana
Tes unjuk kerja
Tes identifikasi
·         Tirukan nada, irama, dan dinamika lagu yang diperdegarkan
·         Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
·         Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik yang dipilih
4



4
Buku teks


Lagu lagu daerah setempat