Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester : VII (Tujuh)/ 1 (Satu)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1. Mengindentifikasi jenis lagu daerah setempat 3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat | · Pengenalan ragam lagu etnik Nusantara daerah setempat | · Mendengarkan lagu etnik daerah setempat · Menyaksikan pertunjukan lagu etnik daerah setempat · Mengkaji elemen-elemen musik, irama, tempo,nada, dinamik lagu etnik daerah setempat · Mempresentasikan hasil diskusi | · Mengidentifikasi jenis-jenislagu etnik dari daerah setempat · Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama, tempo,nada,dinamika dan dari lagu daerah setempat · Mendeskripsikan lagu (pemainan pergaulan) yang ada di daerah setempat | Tes lisan | Tes uraian | · Bagaimana pendapatmu tentang lagu etnis yang diperdengarkan · Berikan tanggapan tentang elemen-elemen lagu etnik daerah setempat | 4 4 | Audio visual Buku teks Alat musik/ sumber bunyi |
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester : VII (Tujuh)/ 1 ( Satu )
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat 4.2. Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat | · Mengaransir ragam lagu etnik Nusantara daerah setempat | · Mendengarkan lagu etnik daerah setempat · Membaca notasi/karya lagu daerah setempat · Menuliskan pola irama, tempo,nada dan dinamika lagu etnik daerah setempat · Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat · Menyajikan hasil aransemen secara sederhana |
| Unjuk kerja | Tes Identifikasi | · Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang diperdengarkan · Bunyikan nada, irama tempo dan dinmika dari lagu etnik yang diperdengarkan · Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan · Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber suara) yang dipilih | 6 6 | Audio visual/ pertunjukan musik etnis Buku teks Alat musik/ sumber bunyi |
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester : VII (Tujuh)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi :
11. mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
11.1 Mengidentifikasi ragam musik daerah setempat 11.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik daerah setempat | · Tanggapan tentang karya musik nusantara | · Membaca referensi tentang musik daerah setempat/ nusantara · Mendengarkan beberapa karya musik daerah setempat/ nusantara · Menukis penulaian tentang fungsi dan makna karya musik daerah setempat/ nusantara yang diperdengarkan | · Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik sesuai dengan fungsinya · Menjelaskan secara lisan dan tertulis tentang karya musik sesuai dengan kehidupan masyarakatnya · Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat | Tes | Tes tulis | · Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya · Berikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan · Sebutkan keunikan dan ciri musik etnik daerah setempat | 4 4 | Buku teks Tape recorder Lagu lagu daerah setempat |
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/ Semester : VII (Tujuh)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA / SENI MUSIK
Standar Kompetensi :
12. Mengekspresikan karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
12.1 mengaransir secara sederhana karya kagu daerah setempat 12.2 menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas | · Aransemen sederhana lagu daerah setempat | · Mendengarkan lagu etnik daerah setempat / nusantara · Membaca notasi / karya musik daerah setempat/ nusantara · Menuliskan pola irama lagu daerah setempat / nusantara · Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat · Menyajikan hasil aransemen secara sederhana baik perorangan maupun berkelompok | · Menjelaskan prosedur mengaransir musik · Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat · Membuat perencanaan pagelaran · Menyanyikan lagu aerah setempat dengan aransemen sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi | · Tirukan nada, irama, dan dinamika lagu yang diperdegarkan · Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan · Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik yang dipilih | 4 4 | Buku teks Lagu lagu daerah setempat |