Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/Semester : IX (sembilan) / I (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Standar Kompetensi :
3. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia 3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanega di Asia | Musik mancanegara | · Mendengarkan musik/lagu mancanegara · Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara · Bertanya jawab tentang aspek sosial dalam musik mancanegara · Menyebutkan keunikan dan pesan dari musik/lagu yang didengar · Mempresentasikan tentang manfaat fungsi sosial budaya dar musik yang didengar Menulis pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar | · Menentukan asal musik yang diperdengarkan · Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas dari musik mancanegara · Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara · Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar. | Tes | Tes lisan | · Dengarkan intrumen lagu berikut ini lalu sebutkan : a. judul lagu b. irama c. tempo d. dinamik · Sebutkan unsur-unsur budaya dari musik yang didengar · Sebutkan fungsi sosial dari musik yang didengar · Tuliskan keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar | 2 6 | CD/VCD -Kaset -Buku teks lagu lagu mancanegara |
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ I (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni musik
Standar Kompetensi :
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Mengaransir lagu mancanegara di Asia 4.2 Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia | Musik mancanegara | · Menuliskan paduan alat/ sumber bunyi musik yang akan digunakan untuk mengiringi lagu mancanegara · Membuat iringan lagu mancanegara dengan alat musik (sumber suara) yang dimiliki · Mempersiapkan tulisan /partitur, alat musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen · Menampilkan hasil aransemen | · Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara · Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut · Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi | · Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik · Pentaskan hasil aransemen secara utuh di kelas · Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik · Pergelarkan hasil aransemen secara utuh di kelas | 6 6 | CD/VCD -Kaset -Buku teks lagu- lagu mancanegara |
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 2 ( Dua )
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Standar Kompetensi :
11. mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
11.1 mengidentifikasi jenis karya seni musik manca negara di lusr Asia 11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di luar Asia | Musik mancanegara | · Mendengarkan musik/lagu mancanegara · Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara · Bertanya jawab tentang aspek sosial dalam musik mancanegara · Menyebutkan keunikan dan pesan dari musik/lagu yang didengar · Mempresentasikan tentang manfaat fungsi sosial budaya dar musik yang didengar Menulis pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar | · Menentukan asal musik yang diperdengarkan · Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas dari musik mancanegara · Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara · Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar. | Tes | Tes lisan | · Dengarkan intrumen lagu berikut ini lalu sebutkan : a. judul lagu b. irama c. tempo d. dinamik · Sebutkan unsur-unsur budaya dari musik yang didengar · Sebutkan fungsi sosial dari musik yang didengar · Tuliskan keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar | 2 2 | CD/VCD -Kaset -Buku teks lagu lagu mancanegara |
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2 ( Dua )
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Standar Kompetensi :
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
12.1 Mengaransir lagu mancanegara 12.2 Menyiapkan karya musik manca negara disajikan secara perorangan dan kelompok dikelas atau di sekolah 12.3 Menampilkan karya senimusik manca negara secara individu dan per kelompok di kelas atau di sekolah | Musik mancanegara | · Menuliskan paduan alat/ sumber bunyi musik yang akan digunakan untuk mengiringi lagu mancanegara · Membuat iringan lagu mancanegara dengan alat musik (sumber suara) yang dimiliki · Mempersiapkan tulisan /partitur, alat musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen · Menampilkan hasil aransemen | · Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara · Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut · Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia · Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut · Memainkan dalam bentuk ansambel · Menyanyikan lagu pop nusantara dan manca negara | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur dan produk Uji petik kerja prosedur dan produk | · Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik · hasil aransemen secara utuh di kelas · Buatlah pergelaran musik nusantara dan mancanegara di kelas/sekolah | 2 4 4 | CD/VCD -Kaset -Buku teks lagu lagu mancanegara |
12.1 Mengaransir lagu mancanegara 12.2 Menyiapkan karya musik manca negara disajikan secara perorangan dan kelompok dikelas atau di sekolah 12.3 Menampilkan karya senimusik manca negara secara individu dan per kelompok di kelas atau di sekolah | Musik mancanegara | · Menuliskan paduan alat/ sumber bunyi musik yang akan digunakan untuk mengiringi lagu mancanegara · Membuat iringan lagu mancanegara dengan alat musik (sumber suara) yang dimiliki · Mempersiapkan tulisan /partitur, alat musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen · Menampilkan hasil aransemen | · Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara · Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut · Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia · Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut · Memainkan dalam bentuk ansambel · Menyanyikan lagu pop nusantara dan manca negara | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur dan produk Uji petik kerja prosedur dan produk | · Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik · hasil aransemen secara utuh di kelas · Buatlah pergelaran musik nusantara dan mancanegara di kelas/sekolah | 2 4 4 |