KELAS IX SEMESTER GANJIL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas : IX
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi | : | 3. Mengapresiasi karya seni rupa. |
Kompetensi dasar | : | 3.1 Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia |
I. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Menentukan asal musik yang diperdengarkan
2. Menjelaskan ciri-ciri dan unsur budaya khas musik mancanegara.
3. Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
II. Materi Ajar
Musik mancanegara.
III. Metode Pembelajaran
Pengamatan, diskusi dengan metode pendekatan CTL dan Life skill.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan pembelajaran
apresiasi dan motivasi :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa, mengenai materi yang akan disajikan.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Mendengarkan lagu-lagu mancanegara Asia melalui DVD, VCD, CD, kaset.
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan tentang ciri-ciri dan unsur-unsur budaya khas musik mancanegara.
F Melakukan tanya jawab tentang musik yang sudah diperdengarkan.
F Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau tertulis.
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
F Menyimpulkan materi pembelajaran.
V. Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
Lagu-lagu mancanegara
Asia, DVD, VCD, CD, kaset
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü Menyebutkan jenis musik mancanegara yang diperdengarkan Ü Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur dari musik mancanegara Ü Menyimpulkan fungsi sosial , sejarah musik mancanegara | Tes praktik /kinerja | Tes uji petik kerja | Ü Sebutka 4 jenis lagu mancanegara yang kamu ketahui dengan cirinya masing-masing! Ü Sebutkan fungsi sosial/makna dari musik yang didengar! |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 3 PUrwantoro ( ........................................... ) NIP ………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1 009 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro
Kelas : IX
Semester : 1 (satu)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi | : | Mengapresiasi karya seni musik |
Kompetensi dasar | : | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia. |
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
§ Menyanyikan lagu mancanegara di Asia (Lagu “Amayadori”)
§ Memberikan apresiasi terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. Materi Ajar
Lagu mancanegara ( Musik Jepang )
C. Metode Pembelajaran
Model pendekatan Ctl life skill
D. Langkah – langkah pembelajaran
Pertemuan I dan II
a. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Mendengarkan lagu-lagu mancanegara melalui CD/VCD/kaset/guru.
F peserta didik Mengapresiasikan keunikan lagu mancanegara di Asia
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
F Menyimpulkan materi pembelajaran.
E. Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
Lagu-lagu mancanegara, VCD, CD, kaset, guru
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ü Menemukan informasi tentang komponis mancanegara di Asia Ü Menyebutkan karya komponis dan aliran musiknya Ü Menuliskan keunikan dan pesan dari musik Ü Menuliskan keistimewaan dari komponis mancanegara di Asia | Tes praktik /kinerja | Tes uji petik kerja | Ü Tuliskan 3 komponis beserta karya musiknya! Ü Tuliskan keunikan dari komponis mancanegara di Asia. Ü Tuliskan hal-hal yang dapat diteladani dari komponis Ü Dari manakan asal musik yang diperdengarkan? Ü Sebutkan ciri-ciri musik mancanegara? Ü Jelaskan fungsi sosial musik mancanegara! Ü Jelaskan makna / pesan musik yang diperdengarkan! Ü Apresiasikan lagu yang diperdengarkan! |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 3 PUrwantoro (...........................................) NIP ………………… | .........., ..................... 20... Guru Mapel I S M A I L NIP 19660313 199003 1 009 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro Kelas : IX Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran Pada akhir pembelajaran siswa dapat : § Mengaransir lagu mancanegara di Asia. § Memainkan lagu hasil aransir. v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) Kecintaan ( Lovely ) B. Materi Ajar Lagu mancanegara di Asia. C. Metode Pembelajaran Demonstrasi , Model pendekatan CTL dan Life skill D. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I (2 x 40) a. Pendahuluan apresiasi dan motivasi : Tanya jawab berbagai contoh lagu mancanegara di Asia. b. Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F peserta didik Mendengarkan lagu mancaengara di Asia melalui CD, kaset, VCD. F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mendiskusikan salah satu lagu tentang elemen-elemen, irama, tempo, nada serta dinamika. F Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan. F Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau tertulis. F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan c Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Menanyakan kesulitan siswa selama PBM. F Menyimpulkan materi pembelajaran. Pertemuan 2 dan 3 (4 x 40) a. Kegiatan Pendahuluan apresiasi dan motivasi : Tanya jawab berbagai contoh lagu mancanegara di Asia. b. Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F peserta didik Mengaransir salah satu lagu ‘model’ mancanegara di Asia. ( lagu “Ko Koro No Tommo”). F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mendiskusikan tentang berbagai contoh lagu mancanegara di Asia. F Memainkan/menyanyikan lagu hasil aransir F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan c3 Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Menanyakan kesulitan siswa selama PBM. F Mengevaluasi siswa E. Alat / Sumber Belajar Buku “Seni Budaya . VCD, CD, kaset Lagu-lagu mancanegara di Asia. F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Lembar penilaian hasil karya seni musik
Keterangan : 5 = bobot nilai 10 2 = bobot nilai 4 4 = bobot nilai 8 1 = bobot nilai 2 3 = bobot nilai 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro Kelas : IX Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik Semester : 1 (Satu) Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2xpertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran Pada akhir pembelajaran siswa dapat : A. Memainkan lagu hasil aransemen. B. Menjelaskan rasa/kesan berdasarkan karya musik yang dimainkan. v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) Kecintaan ( Lovely ) B. Materi Ajar 1. Teknik Mengaransir Lagu 2. Musik Mancanegara di Asia C. Metode Pembelajaran Model pendekatan CTL dan Life skill D. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I dan II a. Kegiatan Pendahuluan apresiasi dan motivasi : Tanya jawab berbagai hal terkait dengan teknik mengaransir lagu. Tanya jawab berbagai hal terkait dengan jenis irama musik yang akan dimainkan. b. Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F peserta didik Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif. F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber; F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Peserta didik Mendiskusikan contoh lagu yang akan diaransir. F Melakukan tanya jawab tentang lagu yang akan diaransir. F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber, F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; Ø membantu menyelesaikan masalah; Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi; Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. c. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; F Membuat kesimpulan hasil lagu yang akan diaransir. E. Sumber Belajar Buku “Seni Budaya . Lagu-lagu mancanegara Asia Perangkat alat musik DVD, VCD, CD, kaset, guru F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Format penilaian :
Keterangan : 5 = sangat baik 2 = kurang 4 = baik 1 = sangat kurang 3 = sedang
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro Kelas : IX Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik Semester : 1 (Satu) Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2xpertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran Pada akhir pembelajaran siswa dapat : A. Memainkan lagu hasil aransemen. B. Menjelaskan rasa/kesan berdasarkan karya musik yang dimainkan. v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) Kecintaan ( Lovely ) B. Materi Ajar 1. Teknik Mengaransir Lagu 2. Musik Mancanegara di Asia C. Metode Pembelajaran Model pendekatan CTL dan Life skill D. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I dan II a. Kegiatan Pendahuluan apresiasi dan motivasi : Tanya jawab berbagai hal terkait dengan teknik mengaransir lagu. Tanya jawab berbagai hal terkait dengan jenis irama musik yang akan dimainkan. b. Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F peserta didik Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif. F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber; F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Peserta didik Mendiskusikan contoh lagu yang akan diaransir. F Melakukan tanya jawab tentang lagu yang akan diaransir. F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber, F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; Ø membantu menyelesaikan masalah; Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi; Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. c. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; F Membuat kesimpulan hasil lagu yang akan diaransir. E. Sumber Belajar Buku “Seni Budaya . Lagu-lagu mancanegara Asia Perangkat alat musik DVD, VCD, CD, kaset, guru F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Format penilaian :
Keterangan : 5 = sangat baik 2 = kurang 4 = baik 1 = sangat kurang 3 = sedang
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro Mata Pelajaran : Seni Budaya Kelas/ Semester : IX/ Satu Standar Kompetensi : 5. Mengapresiasi karya seni tari Kompetensi Dasar : 5.1 Mengidentifikasi jenis karya seni tari manca negara di Asia Indikator : - Menentukan negara asal dari sajian tari manca negara - Menyebutkan ciri-ciri penyajian tari manca negara Alokasi Waktu : 2 x 40 menit A. Tujuan Pembelajaran 1. Mempunyai wawasan tentang tarian dari manca negara 2. Melakukan observasi melalui tayangan media elektronika/ CD 3. Mengamati tari manca negara Asia melalui audio visual/ CD 4. Mendiskusikan tari mancanegara di Asia melalui audio visual/CD 5. Mempresentasikan tari mancanegara di Asia dan membuat uraian lisan/tertulis v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) Kecintaan ( Lovely ) B. Materi Pembelajaran Tari dari negara di Asia (India,Korea,Timur Tengah) C. Metode Pembelajaran Ceramah,diskusi D. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I 1. Pendahuluan apresiasi dan motivasi : a. Tanya jawab mengenahi materi pembelajaran tari di Asia 2. Kegiatan inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F peserta didik Menyaksikan dan mengamati tari mancanegara di Asia melalui tayangan CD F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber; F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Peserta didik Mendiskusikan unsur keindahan seni tari Asia dan menyebutkan ragam gerak. F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif; F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber, F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan, F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; Ø membantu menyelesaikan masalah; Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi; Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; E. Sumber Belajar 1. Buku referensi tentang tarian mancanegara 2. Koleksi tari mancanegara 3. VCD F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
KELAS IX SEMESTER GENAP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro Kelas : IX Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik Semester : 2 (dua) Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) Kecintaan ( Lovely ) 2. Materi Pembelajaran Musik nusantara dan mancanegara 3. Metode Pembelajaran Model, pendekatan CTL dan Life skill. 4. Langkah-langkah PembelajaranPertemuan I & II 1 Kegiatan pendahuluan apresiasi dan motivasi : tanya jawab tentang musik mancanegara 2 Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Peserta didik Mendengarkan lagu mancanegara melalui VCD, CD, kaset atau guru. F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber; F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif; F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Menyimpulkan materi pembelajaran F Menanyakan kesulitan siswa selama PBM 5. Alat/Sumber Belajar - Buku “Seni Budaya . - Lagu-lagu mancanegara - VCD, CD, kaset, guru. 6.Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro Kelas : IX Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik Semester : 2 (dua) Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) Kecintaan ( Lovely ) B. Materi Pembelajaran Musik mancanegara C. Metode Pembelajaran Model, pendekatan CTL dan Life skill. D. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I & II a. Kegiatan pendahuluan apresiasi dan motivasi : Tanya jawab tentang materi yang akan disajikan. b. Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Peserta didik Mendengarkan lagu/musik mancanegara di luar Asia. F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mendiskusikan secara kelompok tentang keunikan lagu /musik mancanegara. F Membuat kesan terhadap lagu/musik yang diperdengarkan. F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan c. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Menyimpulkan materi pembelajaran F Menanyakan kesulitan siswa selama PBM E. Alat/Sumber Belajar 1. Buku “Seni Budaya . 2. Lagu-lagu mancanegara 3. VCD, CD, kaset, guru. F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro Kelas : IX Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik Semester : 2 (dua) Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2X Pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) Kecintaan ( Lovely ) B. Materi Pembelajaran Lagu mancanegara di luar Asia C. Metode Pembelajaran Model pendekatan CTL dan Life skill. D. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I & II a. Kegiatan pendahuluan apresiasi dan motivasi : Tanya jawab tentang materi yang akan disampaikan. b. Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Peserta didik Mendengarkan lagu/musik mancanegara di luar Asia. F Mendengarkan sambil menirukan lagu. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Menuliskan notasi melodi dan iringan dalam bentuk aransemen. F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan c. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Menyimpulkan materi pembelajaran F Menanyakan kesulitan siswa selama PBM E. Alat/Sumber Belajar Buku “Seni Budaya . Contoh aransemen Lagu-lagu mancanegara, VCD, player F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Aspek-aspek yang dinilai
Keterangan :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro Kelas : IX Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik Semester : 2 (dua) Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) Kecintaan ( Lovely ) B. Materi Pembelajaran Musik mancanegara di luar Asia C. Metode Pembelajaran Model, penugasan, pendekatan CTL dan Life skill. D. Langkah-langkah Pembelajaran a. Kegiatan pendahuluan apresiasi dan motivasi : Tanya jawab tentang materi yang akan diajarkan. b. Kegiatan Inti . § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Peserta didik Membagikan teks lagu mancanegara di luar Asia. F Mendengarkan musiknya. F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Secara berkelompok siswa membuat aransemen secara sederhana. F Menampilkan hasil aransemen F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan c. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Menyimpulkan materi pembelajaran F Menanyakan kesulitan siswa selama PBM E. Alat/Sumber Belajar Buku “Seni Budaya . Lagu-lagu mancanegara VCD, CD, kaset, guru. F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Lembar penilaian penampilan musik
Keterangan :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Negeri 3 Purwantoro Kelas : IX Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik Semester : 2 (dua) Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) Kecintaan ( Lovely ) B. Materi Pembelajaran 1. Musik nusantara dan mancanegara 2. Pergelaran Musik C. Metode Pembelajaran Model pendekatan CTL dan Lifeskill D. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I & II a. Pendahuluan apresiasi dan motivasi : Menyanyikan lagu-lagu pop nusantara b. Kegiatan inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Peserta didik Dapat menyanyikan lagu pop nusantara dengan baik F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Membuat perencanaan pergelaran kelas F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan c. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: F Menyimpulkan materi pembelajaran F Menanyakan kesulitan siswa selama PBM F Menampilkan lagu mancanegara dalam bentuk kelompok E. Alat/Sumber Belajar Buku “Seni Budaya . Lagu-lagu mancanegara VCD, CD, kaset, guru. F. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Format penilaian :
Keterangan : 5 = sangat baik 2 = kurang 4 = baik 1 = sangat kurang 3 = sedang
|